Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Fakultas Teknik Universitas Khairun lolos sebagai  salah satu peserta Abdidaya Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Universitas Jember bulan Desember 2023. Kelolosan Abdidaya ini merupakan proses yang panjang, mulai dari penyusunan subproposal dan dilakukan review internal dari Universitas Khairun serta upload proposal oleh Tim PPK Ormawa. Dari beberapa Ormawa yang diusulkan hanya 3 Ormawa yang lolos didanai, yaitu Ormawa HMTP Teknik Pertambangan, Ormawa Prodi THP, dan Ormawa Prodi Antropologi. Kelolosan pendanaan dituangkan dalam surat Nomor 2379/E2/DT.01.01/2023 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Belmawa Kemendikbudristek. Dari 2000-an Ormawa yang mengusulkan se-Indonesia, hanya 676 Tim yang lolos didanai. Tim yang lolos didanai melakukan kegiatan selama 4-5 bulan dan mendapatkan bimbingan secara berkala. Progres kemajuan program dilaporkan dalam bentuk logbook kegiatan, logbook keuangan, laporan kemajuan, dan laporan akhir. Setelah melalui PKP (Penilaian Kemajuan Pelaksanaan) dan penilaian logbook, Tim PPK Ormawa HMTP terpilih sebagai salah satu tim dari 160 tim se-Indonesia yang akan mengikuti Abdidaya dan dilakukan visitasi untuk menentukan penghargaan yang akan diberikan. Tim PPK Ormawa HMTP menjadi salah satu yang dilakukan visitasi daring, yaitu pada tanggal 6 November 2023. Visitasi daring melibatkan kelompok mitra, pemerintah desa, dosen pendamping, Ormawa, Tim pelaksana PPK Ormawa, dan Pengelola PT yang direview oleh Tim dari Pusat.

Dokumentasi saat Visitasi Daring oleh Tim Belmawa

PPK Ormawa ini merupkan program dari Belmawa Kemendikbudristek yang bertujuan sebagai wadah bagi Ormawa melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan beragam topik yang ditawarkan. Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan mengambil tema bebas  dengan judul Smart Education Berbasis Good Mining Practice pada Wilayah Pertambangan Rakyat di Desa Anggai Kec. Obi Kab. Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara. Tim PPK Ormawa HMTP diketuai oleh Puput Eka Sahputri K. Hi Husen (Angkatan 2020) dan beranggotakan 9 orang tim, yaitu Rahmania Nurdin, Nurafni Sagaf, Ayyub Abd. Hamid, Subhan Fatmona, Ilman Syahrul Zaman, Fryst Devit Tjira, Fridaniyanti Fabanyo, Herlangga Mulya Ramadan dan Irman Riski Maluwanga. Tim ini dibimbing oleh Dosen Pendamping Bapak Firman, S.Pd., MT.

Tim PPK Ormawa membagi program kerjanya menjadi 8 jenis kegiatan yang telah dilakukan dengan baik, diantaranya sosialisasi smart education yang melibatkan guru dan siswa SMAN 22 Halsel dan sosialisasi kegiatan kepada masyarakat dan pemerintah Desa Anggai; Pelaksanaan bakti sosial yang melibatkan pemuda dan masyarakat yang bekerjasama dengan tim PPK Ormawa;  Pelaksanaan lomba dulang emas; Pelatihan pembuatan tela (batako) dan paving block menggunakan agregat ampas/tailing pengolahan emas; Pembuatan saluran air serta drainase dan penetralan pH air limbah tambang; Pemetaan lokasi penambangan emas skala kecil,  Pelatihan phytomining dengan memanen tanaman kangkung yang hidup di atas hamparan tailing kemudian diabukan dan diuji kandungan emasnya (Au kadarnya 1,149 ppm berdasarkan hasil uji AAS); dan Pembuatan jalan setapak di SMAN 22 Halsel. Tim PPK Ormawa melaksanakan kegiatan ini melalui kerjasama dengan warga khususnya kelompok mitra pemuda yang bekerja ditambang yang umumnya sudah putus sekolah dan sebagian sudah tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tim PPK Ormawa melaksanakan kegiatan dari bulan Juli s/d November 2023 yang dirangkaikan dengan MBKM jenis Bina Desa untuk dikonversikan dengan MK yang diprogramkan semester berjalan.

Kegiatan ini mendapatan support system dari Pemerintah Desa Anggai, khususnya Kepala Desa, Sekretaris Desa, para mitra kelompok pemuda, serta seluruh warga yang telah membantu dan berpartisipasi aktif. Dukungan lain berasal dari Pimpinan Fakultas Teknik yang melepas kegiatan PPK Ormawa secara resmi serta diterbitkan SK Dekan serta dukungan dari Koordinator Prodi Teknik Pertambangan. Support kegiatan juga dari Pengelola Kegiatan Kemahasiswaan Unkhair yaitu Ibu Kiki, Ibu Yus, Pak Rahmat, Warek 3, serta Ibu Karo BAKP. Support yang paling krusial dari HMTP Teknik Pertambangan sebagai ormawa yang menjadi induk terbentuknya Tim PPK Ormawa ini.  Semoga kedepannya semakin banyak Ormawa di Universitas Khairun yang mengusulkan PPK Ormawa ini, sehingga bisa jadi agenda tahunan setiap Ormawa. Semoga Program dari Tim PPK Ormawa bermanfaat bagi Masyarakat Desa Anggai. #HMTPTeknikPertambangan #SalamSatuTerowongan #KamiBerjiwaEmas

Sosialisasi Program PPK Ormawa kepada Masyarakat dan Tokoh
TIM PPK ORMAWA HMTP TEKNIK PERTAMBANGAN LOLOS ABDIDAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.