Ternate, 7 Januari 2023. Kegiatan Praktikum Geologi Dasar dimulai pukul 08.00-18.00 WIT dan mengambil tema Pemetaan dan Stratigrafi Batuan. Kegiatan ini didampingi oleh Bapak Almun Madi S.T., M.T. dan Bapak Amrih Halil S.Si. M.Si.  selaku dosen pengampu mata kuliah dan dibantu oleh 3 (tiga) asisten dosen diantaranya: Ibnu Duwila, Samsul Bahri, dan Muh. Anilat Samiru. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan teori yang diberikan di kelas, khususnya kajian-kajian geologi dasar dan penggunaan alat survei seperti GPS dan Kompas Geologi. Teknis pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 3 (tiga) lokasi yang berbeda per masing-masing kelas. Kelas A mendapatkan lokasi di Kelurahan Fitu bagian atas, Kelas B di Kelurahan Sasa, dan Kelas C di Kelurahan Fitu bagian bawah. Jumlah mahasiwa yang mengikuti Praktikum ± 100 orang.

Tahapan dalam kegiatan ini yaitu persiapan dengan melakukan pengecekan kelengkapan survei, setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pertama yaitu melakukan plotting menggunakan GPS, dengan tujuan untuk membentuk poligon tertutup di sekitaran lokasi. Kegiatan selanjutnya yaitu melakukan pengukuran dip dan strike pada perlapisan batuan, dan kegiatan terkahir yaitu melakukan identifikasi litologi singkapan batuan dengan bantuan komparator batuan sedimen.
Setelah kegiatan di lapangan, direncanakan praktikan melakukan kegiatan pengolahan data di lab dilanjutkan dengan pembuatan laporan secara individu.

Pengarahan Sebelum Memulai Kegiatan oleh Bapak Amrih Halil selaku Dosen Mata Kuliah
Pemberian Materi Penggunaan GPS dalam Pemetaan oleh Bapak Amrih Halil
Pemberian Materi Penggunaan Kompas Geologi oleh Bapak Almun Madi
Praktikan Melakukan Identifikasi Batuan dengan Bantuan Komparator Batuan Sedimen

 

Foto Bersama Peserta Kegiatan Praktikum Geologi Dasar
Belajar GPS dan Kompas Geologi dengan Mahasiswa Tambang Angkatan 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.